Keypad & 7-Segment
1. Rangkai komponen sesuai percobaan dan kondisi yang dipilih.
2. Buat program menggunakan Arduino IDE.
3. Transfer program yang telah dibuat ke Arduino yang ada di Proteus.
4. Uji coba program di simulasi sesuai dengan kondisi yang diinginkan.
5. Proses selesai setelah uji coba berhasil dilakukan.
2. Hardware dan Diagram Blok
[Kembali]
a. Hardware
1. Modul Arduino Uno
3. Rangkaian Simulasi dan Prinsip Kerja
[Kembali]
Prinsip Kerja
Percobaan ini menggunakan push button yang disusun seperti keypad 4x4 untuk memasukkan angka. Push button tersebut tersusun dalam matriks 4 baris dan 4 kolom. Saat salah satu push button ditekan, itu menghubungkan baris dan kolom tertentu dalam matriks. Kemudian, mikrokontroler memindai setiap baris secara bergantian untuk menemukan push button yang ditekan, lalu memindai setiap kolom untuk mengetahui push button mana yang ditekan dalam baris tersebut. Dengan informasi tersebut, mikrokontroler dapat menentukan angka yang dipilih oleh pengguna. Misalnya, jika push button pada baris 3 dan kolom 2 ditekan, maka angka 2 akan ditampilkan. Angka yang teridentifikasi kemudian ditampilkan pada seven segment, memungkinkan pengguna untuk melihatnya secara visual.
4. Flowcharth dan Listing Program [Kembali]
a. Flowcharth
b. Listing Program
const byte ROWS = 4; // Empat baris
const byte COLS = 4; // Empat kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3', 'A'},
{'4', '5', '2', 'B'},
{'7', '8', '9', 'C'},
{'*', '0', '#', 'D'}
};
byte rowPins[ROWS] = {A4, A3, A2, A1}; // Hubungkan ke pin baris keypad
byte colPins[COLS] = {10, 11, 12, 13}; // Hubungkan ke pin kolom keypad
Keypad keypad = Keypad(makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
const int segmentPins[] = {9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2}; // Hubungkan ke pin segmen seven-segment display
void setup() {
for (int i = 0; i < 8; i++) {
pinMode(segmentPins[i], OUTPUT);
}
}
void loop() {
char key = keypad.getKey();
if (key) {
displayCharacter(key);
delay(1000);
clearDisplay();
}
}
void displayCharacter(char ch) {
// Pola segmen untuk setiap digit (0-9)
byte patterns[][9] = {
{0, 0, 0, 0, 0, 0, 1, 1}, // 0
{1, 0, 0, 1, 1, 1, 1, 1}, // 1
{0, 0, 1, 0, 0, 1, 0, 1}, // 2
{0, 0, 0, 0, 1, 1, 0, 1}, // 3
{1, 0, 0, 1, 1, 0, 0, 1}, // 4
{0, 1, 0, 0, 1, 0, 0, 1}, // 5
{0, 1, 0, 0, 0, 0, 0, 1}, // 6
{0, 0, 0, 1, 1, 1, 1, 1}, // 7
{0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 1}, // 8
{0, 0, 0, 0, 1, 0, 0, 1}, // 9
{0, 0, 0, 0, 0, 1, 0, 1}, // A
{1, 1, 0, 0, 0, 0, 0, 1}, // B
{0, 1, 1, 0, 0, 0, 1, 1}, // C
{1, 0, 0, 0, 0, 1, 0, 1}, // D
};
if ((ch >= '0' && ch <= '9') || (ch >= 'A' && ch <= 'D')) {
// Dapatkan indeks digit (0-9) dari karakter
int index = (ch <= '9') ? (ch - '0') : (ch - 'A' + 10);
// Tulis pola ke pin segmen
for (int i = 0; i < 7; i++) {
digitalWrite(segmentPins[i], patterns[index][i]);
}
}
}
void clearDisplay() {
for (int i = 0; i < 8; i++) {
digitalWrite(segmentPins[i], HIGH);
}
}
5. Kondisi
[Kembali]
Percobaan 1 Kondisi5
Button baris 3 kolom 2 menampilkan angka 2
5. Video Simulasi [Kembali]
HTML klik disini
Simulasi klik disini
Gambar Simulasi klik disini
Video Simulasi klik disini
Listing Program klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar